Tips Perawatan Helm Motor

Tips Perawatan Helm Motor...

Pelindung utama saat berkendara sepeda motor adalah helm. Selain melindungi kepala dari benturan disebabkan oleh kecelakaan, helm juga mejaga mata dari debu, melindungi pernafasan dari polusi yang terhirup oleh hidung, dan meredam bunyi bising. Helm wajib dirawat dengan teratur agar terus awet, apabila helm rusak maka fungsi helm hanya sebagai pajangan saja alias tidak terpakai.

Tidak susah ko merawat helm, yang susah adalah keinginan merawat helm (malas). Pekerjaan ini sulit sekali orang melakukannya, kelihatannya sih sepele tapi jika dilaksanakan merupakan kesenangan tersendiri. Coba deh sekali-kali helm kamu yang kucel dibersihkan jangan sampai bekas dipakai helm dibiarkan begitu saja, anggaplah helm sebagai pacar kalau sudah menjadi pacar pasti sayang, sayang dipinjam orang, hehe..

Jika helm kinclong, bersih, tidak bau maka semakin bagus helm kamu gunakan akan mmenambah percaya diri. Ada beberapa cara supaya kamu terlihat percaya diri. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa kamu kerjakan di rumah. 

Tips Pertama, Penyimpanan Helm
Jangan menyimpan helm di sembarang tempat karena bisa mempengaruhi kekuatan helm seperti warna pada cat batok lama-kelamaan akan memudar, tali helm bisa putus, baut akan berkarat, kaca helm tergores, dan lem helm copot.

Tips Kedua, Penggunaan Helm
Sering orang lalai ketika menggunakan helm. Contonya tali helm terlalu keras ditarik, tergesa-gesa membuka kunci helm, ini bisa menyebabkan tali kunci pada helm cepat rusak.

Tips Ketiga, Kebersihan Helm
Bersihkan helm jika terkena kotoran atau debu, di bagian batok juga bagian kaca helm. Jarak pandang akan terlihat jelas tidak terganggu oleh debu. Usahakan selalu menggunakan kupluk agar keringat yang keluar dari kepala terserap, itu bos yang menyebabkan jamur berkembang biak. Ingat kawan "Kebersihan adalah sebagian dari iman".

Tips Keempat, Mencuci Helm
Cucilah helm selagi kamu libur kerja ya sebulan sekali cukup, tujuannya untuk mencegah munculnya bau pada helm, gunakan semprotan anti bakteri supaya bakteri tidak berkembang biak. Terakhir semprotkan wewangian atau pengharum helm.

Tips Kelima, Menjemur Helm
Jemurlah helm jika helm dalam keadaan basah atau lembab, terutama bagian dalam yang tidak terkena sinar matahari.
Salah satu caranya adalah dengan menjemur bagian dalam helm dan usahakan gunakan kupluk agar kulit kepala yang berkeringat tidak langsung ke helm namun diserap oleh kupluk helm.       
Itulah tips-tips perawatan helm yang bisa kamu lakukan dirumah, ingatlah kenyamanan tidak akan kamu dapatkan jika kamu sendiri tidak melakukan hal-hal diatas. Semoga bermanfaat. 

Tips Perawatan Helm Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahsan Mukarom