Kegunaan Busi Panas dan Busi Dingin

Kegunaan Busi Panas dan Busi Dingin...

Busi Merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam kendaraan, tanpa adanya busi tidak akan terjadinya proses pembakaran dalam mesin. Sebab itu, perlu dikethui tips memilih busi yang tepat supaya proses pembakaran pada mesin berjalan secara maksimal dan mesin hidup dengan sempurna. Melalui busi akan terjadi percikan api sehingga dapat terjadi pembakaran antara bahan bakar dengan udara, ialah busi. Memilih busi yang jelek atau tidak sesuai dapat mempengaruhi saat pembakaran dalam mesin.

Pada dasarnya busi memiliki dua jenis, yaitu busi jenis panas dan busi jenis dingin. Untuk membedakannya, mari kita simak beberapa fakta tentang busi. Busi panas kegunaannya sebagai mempertahankan panas sedangkan busi dingin sebagai komponen pembuangan bekas pembakaran

Cara lain yang dilakukan untuk membedakan busi panas dan dingin, kalau busi dingin mempunyai isulator yang pendek sedang busi panas mempunyai isulator yang panjang. Dengan mengetahui jenis busi akan lebih gampang memilih busi tepat atau tidak. Cara memilihnya dipengaruhi beberapa sebab, apa itu broo? coba deh simak fakta-fakta di bawah ini:       

FL (Faktor Lingkungan)
Daerah yang bersuhu rendah yaitu pengunungan atau dataran tinggi, ane rekomendasikan memakai busi dengan tingkat panas tinggi. Bila memakai busi dingin bisa menyebabkan karbon menumpuk ya bahasa kerennya carbon fouling.
 
KS (Kapasitas Silinder)

Pemilihan busi kurang tepat berpengaruh pada kapasitas mesin, jika KS diatas 180cc lebih baik memakai busi dingin. Bila kawan memakai busi panas, bisa terjadi overheating atau pre-ignition. Jika KS di bawah 180cc sebaiknya memakai busi jenis panas.

PK (Perbandingan Kompresi)
Jika kawan memakai busi dingin ane anjurkan kompresi di atas 10,5, jika busi panas dibawah 10,5. Tapi ini hanya ditemukan pada mesin yang sudah di modifikasi. Biasanya para pemodif menaikkan perbedaan kompresi dengan cara mengepres bagian kepala silinder. Untuk mengimbangi hal tersebut bisa memakai busi jenis dingin sebagai komponen pemicu pembakaran.

Setelah menyimak beberapa sebab dan tipe busi pasti kawan tidak akan bingung lagi dalam memilih busi pada motor atau mobil kamu. Memilih busi yang tepat dan sesuai kondisi bisa mempengaruhi umur komponen engine dan memaksimalkan performa mesin kamu. Sekian broo, semoga bermanfaat untuk semua. 
atau sebagai mengalirkan panas. Cara membedakannya yaitu dengan melihat kode yang tercantum pada komponen busi. Makin tinggi serial nombernya makin banyak panas yang dilepaskan itulah yang disebut dengan busi dingin alias adem broo..

Kegunaan Busi Panas dan Busi Dingin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahsan Mukarom