Cara Pintar Membeli Laptop Bekas

Cara Pintar Membeli Laptop Bekas...

Sebelum membeli perabotan elektronik anda harus terlebih dahulu mengetahui spesifikasi barang yang akan dibeli, seperti halnya laptop. Namun jika uang anda tidak cukup untuk menarik barang keluar dari toko, anda bisa membeli laptop bekas yang berkualitas. Membeli laptop bekas anda harus sedikit berhati-hati, jika gerasah-gerusuh anda malah mendapatkan barang rusak. Semakin jadul laptop sebanding dengan kualitas komponen didalammya, sebisa mungkin carilah laptop yang berumur tidak lebih satu tahun. Anda bisa mencarinya di alamat jual beli online, jika sudah terlalu buhun (lama) komponen didalamnya pasti pernah rusak atau diganti. 

Jangan lupa cek harga jual beli pasarannya, memudahkan anda ketika proses negosisasi berlangsung, anda dapat menawar dengan harga terbaik. Jika anda kurang mengerti komputer atau laptop, ajaklah teman yang mengerti komputer atau laptop supaya dapat memastikan semua komponen pada laptop seperti hardware dalam kondisi baik. Anda juga dapat memperhatikan petunjuk dibawah ini:   

1. Casing Laptop
Anda dapat melihat kondisi laptop, Kondisi laptop menggambarkan bagaimana perhatian pemilik sebelumnya dalam mempergunakan atau merawat laptop. Perhatikan setiap sudut laptop, jika pernah terjatuh akan terlihat ada bekasnya atau lecet-lecet. Periksa bagian colokan seperti colokan USB, jaringan, dan colokan audio.

2. Segel Laptop
Jika segel rusak, artinya laptop pernah atau sering di bongkar pasang. Ini perlu dilakukan oleh anda karena jika segel laptop rusak anda akan berpikir matang-matang kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari. Tanyakan garansi perbaikan dapat garansi atau tidak, jika masih berarti leptop yang anda beli aman.

3. Spesifikasi Laptop
Jangan lupa mencocokkan spesifikasi yang telah disepakati, dengan spesifikasi dalam laptop. Dengan cara ketik dxdiag di kotak run, lihat langsung di My Computer.

4. Cek Kondisi Harddisk
Karena Harddisk merupakan komponen yang rentan terhadap kerusakkan pada laptop bekas, pastikan Harddisk dalam kondisi prima caranya dengan meng-copy paste antar folder serta partisi laptop. Jika proses transfer file lemot petanda harddisk bermasalah. 

5. Kelengkapan Leptop
Periksalah kelengkapan laptop seperti charger, buku petunjuk, cd room, dus, cd driver dan lainnya. Lalu cek kondisi baterai, ini penting karena hal ini mendukung pekerjaan anda. Bukan hanya melihat baterai saja, cek chargernya juga lakukan pengecasan dan lihat baterai terisi normal tidak dengan charger tersebut.

6. Keyboard dan Touchpad Laptop
Keyboard dan Touchpad laptop juga merupakan hal terpenting, bagaimana anda bisa mengerjakan pekerjaan kalau keyboard tidak berjalan, aktifitas anda dapat terganggu jika hal hal ini bermasalah. Cek seluruh tombol keyboard di notepad atau microsoft word. Juga touchpad harus kamu pastikan berjalan dengan baik.

7. Hardware Lain Laptop
Terakhir yang mesti anda lakukan adalah memastikan kondisi hardware lain seperti optical drive, webcame, wifi, bluetooth, fan dan yang lainnya berfungsi tidak. Lakukan langsung ditempat pembelian agar anda dapat memastikan kenerja laptop. 
Sekian informasi dari ane, hati-hatilah membeli produk elektronik bekas banyak-banyaklah bertanya pada yang mengerti barang tersebut sebuelum anda membeli barang bekas. Sekian dan terima kasih.

Cara Pintar Membeli Laptop Bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahsan Mukarom