Cara Merawat Tengki Mobil Agar Tidak Mudah Bocor

Cara Merawat Tengki Mobil Agar Tidak Mudah Bocor...

Tangki pada mobil merupakan tempat dimana bahan bakar disimpan di dalamnya dan bahan bakar inilah yang membuat mobil bisa berjalan dengan menggunakan bahan bakar. tangki mobil di desain sedemikian rupa supaya tidak terjadi kebocoran dan masuknya kotoran ke dalam tangki sehingga bahan bakar yang masuk ke pembakaran mesin bersih dari kotoran, tangki mobil dilengkapi dengan cat pelapis yang kuat dan menahan kebocoran, tetapi sekuat kuatnya cat dan bahan tangki, jika tidak dilakukan perawatan pada tengki tersebut, tetap saja akan terjadi kebocoran.
Kebocoran yang terjadi pada tangki mobil akan membuat bahan bakar keluar melalui lubang atau celah yang bocor tersebut, sehingga pengguna mobil tidak akan merasa tenang dalam melakukan perjalanan dalam keadaan tangki bocor, karena bahan bakar bisa bisa habis akibat bocor, bahkan beresiko terjadinya kebakaran. Untuk menghindari hal itu, perawatan terhadap tengki mobil sangat diperlukan, mulai dari perawatan bagian luar tengki sampai perawatan bagian dalam tengki.

Perawatan bagian luar meliputi seluruh bagian tengki dan permukaan cat tangke, sedangkan perawatan bagian dalam adalah perawatan dari kotoran yang masuk melalui pengisian bahan bakar dan dari karat yang menempel akibat kekosongan pada tengki, untuk mencegah kekotoran bagian dalam tengki maka hindarilah pengisian bahan bakar di tempat yang kurang baik. Agar tengki mobil kita lebih awet dan terhindar dari kebocoran, maka sebaiknya lakukanlah perawatan yang benar jangan asal merawat karena hasil akan ditentukan oleh proses yang kita lalui.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran dan kerusakan pada tengki bahan bakar, ada beberapa hal yang perlu dilakukan pada perawatan tengki bensin mobil anda yaitu:
  1. Keluarkan semua isi bensin terlebih dahulu dari tengki , periksalah seluruh bagian tengki dari adanya karat dan pengelupasan cat, karat, retak dan bocor.
  2. Periksa dan lihat selang bahan bakar dari masuknya air dan kotoran.
  3. Periksa pentilasi udara, hindari adanya penyumbatan yang akan mengganggu aliran bensin.
  4. Usahakan mengisi bahan bakar sampai penuh, karena jika tidak penuh bisa terjadi pengembunan di dalam tengki saat tengki dalam keadaan dingin, dan akan terjadi perkaratan jika tengki kosong terlalu lama.
Demikian cara merawat tengki mobil anda agar terhindar dari kebocoran, merawat lebih baik daripada memperbaiki.

Cara Merawat Tengki Mobil Agar Tidak Mudah Bocor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dede Sulaeman