Cara Membuat Kipas Angin Portabel Murah

Cara Membuat Kipas Angin Portabel Murah...

Pemanasan global (Global Warming) dampaknya sangat luas, pengarurnya terhadap kehidupan di bumi seperti pada manusia, hewan dan tumbuhan. Pemanasan global terjadi karena berbagai sebab, dari tingkah laku manusia memanfaatkan segala sumber daya alam, tidak mengenal batas serta kesehatan bumi tercinta ini. Pemanasan global sudah lama terjadi, gejala-gejala yang ditimbulkan ini dapat dilihat dari berbagai perubahan-perubahan yang tidak biasa.

Ketika anda bekerja berjam-jam di depan komputer tentu terkadang membuat anda gerah, maka sebuah ide unik ini memberikan cara-cara membuat kipas angin sederhana dan tidak banyak mengeluarkan biaya. Langsung saja kita menuju cara sederhana membuat kipas angin dengan memanfaatkan Power USB. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut:  

Siapakan kabel USB, anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko komputer atau mungkin anda bisa memakai kabel Printer USB, bisa juga menggunakan kabel tambahan jika anda membeli USB Flash Disk. Siapkan Selongsong, anda bisa menggunakan bekas tissu, pipa, monitor DC. anda bisa menggunakan bekas mainan anak-anak. Siapkan kabel secukupnya, terminal kabel, kepingan CD bekas, gabus, tutup botol bekas.

Jika anda sudah mengumpulkan bahan-bahan tersebut, selanjutnya anda menentukan alat-alat apa saja yang anda perlukan. Alat-alat yang diperlukan adalah lem, obeng, gunting dan lilin. Kawat yang digunakan untuk melindungi, bisa juga digunakan bahan lain selain kawat. Langkah selanjutnya adalah pembuatan, seperti:

- Buatlah pola sebanyak 8 gasi pada CD, lalu gunakan gunting untuk menyesuaikan pola. Selanjutnya panaskan menggunakan lilin, dengan cara menggoyang-goyang atau dipelintir sehingga terbentuklah pola seperti kipas angin. Kemudian anda harus melubangi tutup botol menggunakan kawat, jika anda sudah sampai pada tahap ini, maka tutup botol tersebut dimasukkan kedalam kipas yang telah anda buat.

- Kupaslah kabel USB dan kemudian potong kabel yang warna hijau dan putih, sehingga akan tersisa kabel warna merah dan hitam. Kabel yang berwarna merah adalah (plus 5 V) dan yang warna hitam ground (0V).   

- Hubungkan kabel warna merah dan hitam pada terminal kabel, masukkan kedalam selongsong yang sudah di sediakan lalu pasang kabel, hubungkan dengan motor DC, ingatlah bahwa kabel yang warna merah ke positif (5v) dan yang hitam ke ground (GND) rekatkan dengan lem ke CD, digunakan sebagai dudukan, pada tahap ini pasanglah kipas yang sudah anda buat.
Nah, inilah saatnya anda menguji hasil rakitan anda yang sederhana dan murah ini, caranya hubungkanlah kabel USB tersebut ke komputer dan selesai. Selamat mencoba.

Cara Membuat Kipas Angin Portabel Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahsan Mukarom