Perawatan Mobil Pasca Terendam Banjir

Perawatan Mobil Pasca Terendam Banjir...

Perawatan Mobil Terendam Banjir - Indonesia yang mempunyai dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau membuat kita harus mampu beradaftasi dengan cuaca yang berbeda tersebut, jika musim hujan datang maka kita harus siap menghadapi dengan cara mempersiapkan kebutuhan kita selama musim hujan, seperti mempersiapkan rumah dari kebocoran dan kendaraan, sama hal nya dengan musim kemarau yang harus kita tanggapi dengan persiapan kita menghadapi kemarau yang merupakan kebalikan dari musim penghujan.

Wilayah Indonesia, hususnya daerah perkotaan sangat rentan terhadap banjir, seperti Jakarta, Bandung yang setiap musim hujan pasti di hadiahi dengan banjir. Jika musim penghujan mengguyur daerah tersebut maka siap siap untuk menjaga rumah, kendaraan, dan harta benda dari genangan banjir, karena tak bisa dipungkiri banjir bisa datang kapan saja tanpa bisa kita prediksi. Jika banjir sudah terjadi maka aktifitas kita bisa terhambat, kendaraan tidak leluasa berjalan di jalanan yang tergenang air, resiko mesin mati akan sangat besar.

Saat musim hujan maupun musim kemarau kita tidak bisa berhenti beraktivitas, karena aktivitas sehari hari harus tetap berjalan dan kita harus pandai menyesuaikan keadaan. Ketika kita memaksa beraktivitas menggunakan kendaraan itu bisa beresiko kendaraan kita kebanjiran, dan jika itu terjadi maka kendaraan kita akan mati mesinnya, tanpa terkecuali motor maupun mobil, jika terendam air banjir maka akan berakibat mati nya mesin. Musim hujan bagi kota besar yang sering banjir merupakan hal yang mengerikan, karena aktivitas mereka akan tergeanggu dan tidak leluasa pergi kemanapun menggunakan motor atau mobil.

Artikel terkait lain yang mungkin anda cari:

Jika kita berada di daerah yang sering banjir, pasti pernah mengalami kendaraan kebanjiran sampai ahirnya mesin mati, bahkan banjir bisa merendam kendaraan yang sedang di parkir di garasi jika memang banjirnya sangat tinggi. Untuk mengantisifasi kendaraan agar tidak terendam banjir banyak langkah yang bisa kita upayakan, dan adatipi yang bisa dilakukan jika kita berada di daerah yang rawan banjir. langkah menyelamatkan mobil dari banjir adalah:

1. Memutus semua kelistrikan.
Memutuskan kabel kelistrikan mobil sangat diperlukan jika banjir menghampiri tempat mobil kita, lepaskan kabel dari aki mobil bisa menghentikan aliran listrik pada mobil, meskipun mobil dalam keadaan mati tetap saja bisa terjadi konsleting karena biasanya mobil masih menyimpan energi cadangan pada aki.

2. Pindahkan mobil dengan mendorongnya
Jika banjir dirasa sudah surut maka kita pindahkan mobil ke tempat yang lebih aman dari tempat tersebut, memindahkan mobil dilakukan dengan cara mendorongnya, jangan sekali kali memindahkan mobil dengan menghidupkan mesin mobil karena dengan menghidupkan mesin akan memicu arus pendek pada sitem kelistrikan, jika sisa air masuk ke saluran isap udara ke ruang bakar maka akan terjadi water hammer pada mesin dan akan mengakibatkan mesin menjadi jebol, setang seher atau conecting rod akan bengkok atau crankshaft patah ketika ada kompresi di silinder.
mobil bekas  cari mobil bekas  mobil bekas kapan lagi  tips membeli mobil bekas  mesin mobil bekas  cara membeli mobil bekas  cari mobil second  harga mobil bekas jakarta  tips beli mobil bekas  mobil bekas berkualitas  cari mobil seken  jual beli mobil bekas jakarta  jual beli mobil bekas murah  mencari mobil bekas  beli mobil bekas  mobil laku  m0bil bekas  beli mobil baru atau bekas  mobil seken  dijual mobil bekas  sorum mobil bekas  jual mesin mobil bekas  cara beli mobil bekas  isuzu panther bekas  cara mengetahui mobil bekas banjir  mobil panter  showroom mobil bekas  sepeda motor bekas  panther bekas  mobil bekas murah jakarta
Gambar mobil terendam banjir
Setelah mobil berada didaerah yang aman, dan untuk melakuka perawatan mobil pasca terendam banjir,  langklah selanjutnya untuk memulihkan mesin kendaraan mobil anda adalah dengan cara :

1. Lakukan pengeringan pada bagian yang basah
Lakukan pengeringan pada setiap bagian kabel dan mesin mobil, lepaskan semua kabel dan periksa yang basah, kemudian semprot menggunakan kompresor listrik jika tidak ada anda bisa mengeringkannya menggunakan hair dryer pengering rambut, komponen yang harus dikeringkan adalah busi, saluran angin, saringan angin karburator, kuil, delco, dinamo stater, alternator, v belt dan semua kabel yang terhubung.

2. Ganti oli mobil.
Keluarkan oli dari mesin mobil dan lakukan penyemprotan sampai dirasa semua oli terkuras keluar, setelah itu ganti oli dengan yang baru, jangan sekali kali menggunakan oli yang sudah dikeluarkan dari mesin tadi, meskipun dirasa oli masih bagus dan layak pakai, karena oli tersebut sudah terkontaminasi air dan bahan lain dari banjir yang bisa menghambat kelancaran mobil anda.

3. Bersihkan tangki bahan bakar mobil
Kuras tengki bahan bakar mobil sampai bersih dan pastikan tidak ada air yang masih tersisa di dalam tengki, bbm yang dikeluarkan masih bisa digunakan dengan syarat di saring dan dipisahkan dari kotoran dan air.

4. Keringkan panel panel dan lampu
Lampu dan panel panel harus dibersihkan karena jika tidak dibersihkan dari air yang tersisa maka akan terjadi konsleting, buka setiap bagian kap lampu dan keringkan, selain itu karpet, jok dan kemudi bisa dilepas dan di jemur, pintu mobil di buka dan di keringkan dengan cara mengeluarkan air yang ada di dalamnya kemudian di jemur.

5. bersihkan serta cek alat pengereman
Lepaskan ban mobil dan lakukan pengecekan pada alat rem mobil, karena biasanya jika kanvas rem mobil terendam air maka akan mengeras, dan jika mengeras bereskan menggunakan amplas teapijikakanvas terlalu keras sebaiknya ganti dengan yang baru.

6. Bawa ke bengkel mobil untuk memastikan injektor dan ecu baik baik saja.
Jika langkah langkah di atas sudah anda lakukan, maka lakukan pemanasan pada mesin mobil selama 10 sampai 15 menit dan bawalah mobil ke bengkel terdekat untuk melihat kondisi electronik control unit (ecu) atau komputer mobil, selain itu periksa injector bahan bakar dengan segera karena jika terlalu lama dibiarkan maka akan berakibat kerusakan patal yang nantinya biaya perbaikannya akan semakin besar.
Cek informasi terkait mobil terendam air:  mobil bekas , cari mobil bekas , mobil bekas kapan lagi , tips membeli mobil bekas , mesin mobil bekas , cara membeli mobil bekas , cari mobil second , harga mobil bekas jakarta , tips beli mobil bekas , mobil bekas berkualitas , cari mobil seken , jual beli mobil bekas jakarta , jual beli mobil bekas murah , mencari mobil bekas , beli mobil bekas , mobil laku , m0bil bekas , beli mobil baru atau bekas , mobil seken , dijual mobil bekas , sorum mobil bekas , jual mesin mobil bekas , cara beli mobil bekas , isuzu panther bekas , cara mengetahui mobil bekas banjir , mobil panter , showroom mobil bekas , sepeda motor bekas , panther bekas , mobil bekas murah jakarta.

Perawatan Mobil Pasca Terendam Banjir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dede Sulaeman