Menerapkan Prinsip Keselamatan di Jalan Raya

Menerapkan Prinsip Keselamatan di Jalan Raya...

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya selalu menggunakan kendaraan dalam melakukan aktivitas sehari hari, setiap orang yang melakukan kegiatannya selalu berkendara menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun motor, hal ini mengakibatkan Indonesia sebagai konsumen kendaraan bermotor yang tinggi, kebutuhan dalam melakukan pekerjaan membuat semua orang lebih memilih membeli kendaraan pribadi dari pada menggunakan angkutan umum, dengan alasan bisa meminimalisir keuangan dan mengefektipkan waktu.

Banyaknya pengguna kendaraan pribadi di Indonesia membuat lalu lintas di beberapa kota di Indonesia mejadi padat, dan akhirnya menimbulkan kemacetan yang parah, apalagi di hari besar dan hari libur yang rata rata semua orang melakukan perjalanan untuk berlibur, dan ini membuat lalu lintas semakin macet parah. Selain menimbulkan kemacetan yang parah, banyaknya pengguna kendaraan pribadi membuat angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia menjadi tinggi, sebagian orang meningal dunia adalah di jalan raya, ini membuktikan bahwa semakin banyak kendaraan yang dimilik masyarakat maka akan ada dampak tersendiri. Tingginya lalu lintas berbanding lurus dengan tingkat penerapan kedisiplinan prinsip keselamatan di jalan raya.

Untuk menghindari kemacetan, pemerintah telah melakukan upaya penguraian kemacetan yang ditempuh dengan cara mengatur lalu lintas dan juga membuat jalan pengurai kemacetan di beberapa titik di Indonesia, tetapi upaya ini belum sepenuhnya bisa menyelamatkan pengguna lalu lintas dari kecelakan, karena keselamatan ber lalu lintas di jalan raya lebih besar dipengaruhi oleh kesadaran pengendara itu sendiri. Pengendara yang tidak mentaati rambu rambu lalu lintas akan berakibat membahayakan keselamatannya, selain itu membewa kendaraan dengan seenaknya juga dapat mengakibatkan kecelakaan.
Berkendara di jalan raya memang beresiko mengalami kecelakaan, tetapi hal ini bisa saja kita hindari dengan cara lebih berhati hati dalam berkendara dan menerapkan prinsip keselamatan di jalan raya, ada tiga pihak yang terlibat dalam keselamatan di jalan raya yaitu pengendara mobil dan pengendara motor, pejalan kaki, dan penumpang kendaraan umum. Ketiga pihak tersebut langsung terlibat dalam keselamatan lalu lintas di jalan raya. Untuk menghindari kecelakaan di jalan raya, perlu diterapkan beberapa prinsif keselamatan di jalan raya, prinsif keselamatan di jalan raya antara lain:
  1. Gunakan kendaraan dengan kecepatan dibawah rata rata.
  2. Hindari menggunakan kendaraan saat kondisi mabuk atau ngantuk berat.
  3. Gunakan alat keselamatan, seperti helm bagi pengguna motor dan sabuk keselamatan pada pengguna mobil.
  4. Jangan menggunakan hand phone saat berkendara.
  5. Berhenti dan istirahat jika keadaan badan sudah mulai lelah atau bahkan stres.
  6. kurangi kebiasaan berkendara yang kurang bermanfaat, seperti main tidak jelas dan lebih memilih menggunakan kendaraan umum atau bahkan berjalan kaki.
Jika enam prinsif keselamatan di jalan raya anda terapkan dalam melakukan aktivitas berkendara, dipastikan anda akan terhindar dari kecelakaan di jalan raya, atau setidaknya mengurangi resiko kecelakaan yang lebih serius.
Baca juga terkait masalah keamanan tentang trik motor aman dicuri oleh maling.

Menerapkan Prinsip Keselamatan di Jalan Raya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dede Sulaeman